11.2.17

BLITAR - Sebagai upaya untuk melestarikan sejarah perjuangan Pahlawan PETA (Pembela Tanah Air) dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajahan Jepang tanggal 14 februari 1945, Pemkot Blitar melalui Dinas Sosial (Dinsos) mengadakan berbagai acara pada bulan Pebruari 2017.
Neny Farida, S.Sos Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos Kota Blitar pada Rabu (08/02), mengatakan bahwa rangkaian kegiatan peringatan pemberontakan PETA memang selalu diagendakan setiap tahun.
Pada peringatan yang ke 72 tahun ini, dimulai dengan lomba melukis bertema sosial bagi pelajar setingkat SMP dan SMA. Dilaksanakan hari Kamis (09/02), bertempat disekitar monument Peta. Dilanjutkan tanggal (13/02) sekitar pukul 15.00 WIB, pelaksanaan tahlil bersama bertempat di Masjid SMKN 3 Kota Blitar. Sementara untuk drama kolosal dan sendratari, dijadwalkan Selasa malam (14/02). Sebagai kegiatan penutup, sarasehan kepahlawanan bagi pelajar setingkat SMP-SMA, tanggal (21/02) akan diselenggarakan di Balai Kota Kusumo Wicitro.
Menurut Neny, selama ini kegiatan peringatan Hut Peta hanya diperuntukkan bagi masyarakat Kota Blitar. Rencananya tahun ini mulai dikembangkan dengan mengundang sejumlah pejabat di Bakorwil Madiun, agar turut menyaksikan drama kolosal sebagai representasi pemberontakan Peta pada 72 tahun silam.
Di tahun-tahun berikutnya, diharapkan bukan hanya Kota Blitar saja yang menggelar peringatan Pemberiontakan para pahlawan Peta.(ram) 
/span>

0 komentar:

Posting Komentar